Kompetensi Wajib Guru Kursus

Randi Stokes   April 1, 2018   Comments Off on Kompetensi Wajib Guru Kursus

Kursus merupakan sebuah lembaga non formal yang menyelenggarakan suatu proses pendidikan ataupun pelatihan kepada peserta didik guna mengembangkan keahlian serta kemampuan para peserta didik itu sendiri dalam bidang tertentu. Sebagaimana layaknya proses belajar dan mengajar, tempat-tempat kursus juga memerlukan guru kursus sebagai salah satu unsur penting di dalamnya. Tanpa adanya guru di sebuah tempat kursus, sebuah tempat kursus tak akan mampu menyelenggarakan proses pengajaran kepada peserta didiknya. Oleh karena itu, guru sangat dibutuhkan keberadaannya di tempat kursus.

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru Kursus

Meskipun keberadaan guru di tempat kursus sangat diperlukan, hal ini tidak serta merta membuat tempat kursus bisa merekrut guru dari sembarang tempat. Guru kursus tidak sama dengan guru di sekolah. Meskipun peran mereka serupa, yaitu menyampaikan dan menjelaskan pembelajaran kepada peserta didik, sehingga peserta didik dapat mengerti, memahami, dan juga menerapkan semua pengetahuan yang telah diberikan kepadanya, namun guru di tempat kursus harus memiliki spesifikasi yang lebih daripada guru di sekolah. Sebab, sebuah tempat atau lembaga kursus pada umumnya mengkhususkan diri pada bidang tertentu yang lebih spesifik, serta mengutamakan skill, keterampilan, serta keahlian dalam bidang tersebut. Maka dari itu, seorang guru yang bekerja untuk memberikan pelatihan dan pengajaran di tempat kursus, tentunya dituntut untuk menguasai bidang-bidang spesifik yang harus ia ajarkan pada peserta didiknya.

Seorang guru di tempat kursus haruslah seorang ahli di bidang tertentu. Misalnya, sebuah tempat kursus yang menyelenggarakan program pelatihan bahasa asing, haruslah merekrut guru untuk mengajar di tempat mereka dari orang-orang yang memang menguasai bahasa asing serta ilmu kebahasaan itu sendiri. Karena guru tersebut dituntut untuk memberikan ilmu praktik di tempat kursus mereka mengajar. Tempat kursus harus mengedepankan kemampuan teknis dari guru untuk kursus yang direkrut, serta pengetahuan lanjutan atau advanced knowledge mengenai bidang tertentu yang lebih spesifik. Gampangnya, sebuah lembaga kursus harus merekrut seorang expert di bidang tertentu untuk menjadi guru kursus.

Related posts: