Minyak Bulus Sebagai Warisan Dari Nenek Moyang

Randi Stokes   March 25, 2018   Comments Off on Minyak Bulus Sebagai Warisan Dari Nenek Moyang

Artikel kali ini akan membahas mengenai minyak bulus. Mungkin beberapa dari Anda belum mengetahui tentang minyak yang satu ini. Minyak dari bulus merupakan minyak yang berasal dari hewan bernama labi-labi. Labi-labi atau dapat disebut pula bulus di beberapa daerah merupakan salah satu jenis hewan yang satu keluarga dengan kura-kura. Bulus memiliki nama latin Amyda cartilaginea. Kura-kura dan labi-labi memiliki kemiripan bentuk dan fisik. Tempurung yang ada di punggung merupakan ciri khas dari kedua hewan tersebut. Bulus memiliki ciri fisik yaitu diameter tempurung dapat mencapai lebar 100 cm, memiliki hidung cukup panjang dengan lubang yang cukup besar, leher yang dapat memanjang hingga setengah panjang badannya, memiliki selaput dan cakar pada kukunya. Ternyata bulus telah dimanfaatkan sejak lama oleh nenek moyang manusia sebagai obat tradisional dalam bentuk minyak.

Hal-Hal Yang Patut Anda Ketahui Mengenai Minyak Bulus

Warisan dari nenek moyang patut dilestarikan dengan baik, karena beberapa resep dari pendahulu kita ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan. Labi-labi pun umumnya dijadikan sebagai minyak bulus yang dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Minyak ini banyak diolah oleh beberapa produsen dengan cara tradisional. Cara mengolahnya yaitu dengan penjemuran di bawah terik matahari hingga labi-labi mengeluarkan minyak yang kemudian disebut dengan minyak dari bulus. Proses lainnya yaitu dengan penggorengan hingga mengeluarkan minyak. Minyak yang dihasilkan inilah yang kemudian digunakan sebagai obat dan terdiri dari dua warna yaitu kuning dan putih.

Di Manakah Labi-Labi Tinggal?

Labi-labi merupakan hewan yang sebenarnya berasal dari hutan. Hewan ini banyak terdapat pada hutan yang masih terjaga keasriannya dan jarang dijamah oleh manusia. Saat ini, banyak pula orang yang telah melakukan budi daya labi-labi sehingga bahan baku dari minyak bulus tidak selalu bergantung dari hasil alam. Kalimantan merupakan salah satu pulau di Indonesia yang masih memiliki hutan hujan tropis yang jumlahnya masih cukup banyak, serta adanya beberapa suku pedalaman yang tinggal di hutan membuat keasriannya masih terjamin. Hal tersebut membuat labi-labi masih banyak terdapat di sana.

Related posts: