Tanda-tanda Bahwa Bayi Harus Diberikan MPASI

Randi Stokes   March 9, 2018   Comments Off on Tanda-tanda Bahwa Bayi Harus Diberikan MPASI

MPASI merupakan sebuah hal yang begitu penting bagi setiap bayi. Pasalnya dengan mengenalkan bayi terhadap makanan pendamping ASI, akan ada begitu banyak keuntungan yang diperoleh. Keuntungan tersebut tentu saja bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Untuk itulah jika sekarang ini Anda memiliki seorang bayi yang umurnya sudah mulai menginjak 6 bulan, cobalah pikirkan tentang apa saja makanan yang nantinya akan diberikan untuk pendamping ASI. Pemilihan makanan tentu tidaklah boleh sembarangan. Anda harus benar-benar memikirkannya dengan tepat, sehingga akan memberikan efek untuk bayi ketika sudah besar kelak.

Cara Pemberian MPASI Paling Tepat

Sebelum Anda mulai memberikan MPASI kepada sang bayi, pastikan dahulu bahwa bayi memang telah menunjukkan beberapa tanda-tanda harus diberikan makanan pendamping ASI. Pasalnya jika memang belum ada tanda-tandanya sama sekali, makanan pendamping belum cocok untuk diberikan. Beberapa tanda-tanda yang akan ditemui itu, bayi sering memasukkan tangan untuk digigit-gigit, bayi sering mencoba meraih tangan orang yang sedang memegang makanan, kemudian bayi sudah mulai bisa menegakkan kepala tanpa dibantu, dan juga sudah bisa duduk meskipun masih harus menggunakan sandaran. Jika tanda-tanda tersebut dimiliki oleh bayi Anda, maka berikut tahapan pemberian makanan pendamping ASI yang tepat.

  • Usia 6 hingga 8 bulan

Di usia ini, Anda bisa memberikan makanan pendamping ASI sebanyak 2 sampai 3 kali dalam satu hari. Selain itu Anda juga harus memberikan makanan selingan sebanyak 2 kali. Makanan selingan itu bisa berupa buah-buahan yang dikorek, contohnya pisang, kentang, pepaya ataupun bubur susu.

  • Usia 9 hingga 11 bulan

Di usia ini, Anda bisa memberikan makanan pendamping ASI sebanyak 2 sampai 3 kali dalam satu hari. Di usia ini pencernaan bayi mulai lebih kuat, sehingga sudah bisa diberikan bubur saring nasi, biskuit ataupun finger foods.

  • Usia lebih dari 1 tahun

Di usia ini makanan MPASI harus diberikan 3 kali dalam sehari, kemudian pencernaannya sudah mulai bisa menerima nasi ataupun lauk yang dilembekkan. Sebagai contoh itu telor ikan, tempe, tahu, kemudian daging dan sebagainya.

Related posts: