Usaha Laundry Di Perkotaan

Randi Stokes   May 13, 2018   Comments Off on Usaha Laundry Di Perkotaan

Jumlah wanita karier di daerah perkotaan lebih banyak dibandingkan dengan wanita di pedesaan. Wanita yang hidup di perkotaan sering dianggap sebagai wanita yang sibuk dengan pekerjaan dan mobilitasnya tinggi. Untuk itu, para wanita ini seringkali membutuhkan asisten rumah tangga untuk mengerjakan segala pekerjaan rumah sampai mengurus anak.

Memperkerjakan seorang asisten rumah tangga, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih lagi jika menggunakan asisten rumah tangga yang berasal dari instansi terstandar, tentu budget yang dikeluarkan lebih besar. Untuk itu, beberapa dari mereka ada yang masih bertahan dengan tidak menggunakan asisten rumah tangga.

Melihat keadaan tersebut, Anda bisa memanfaatkan peluang usaha di perkotaan yaitu membuka jasa laundry. Ibu-ibu dan wanita karier yang tidak menggunakan asisten rumah tangga, dapat dipastikan mereka tidak sempat mencuci baju. Sebagian besar dari mereka memilih jasa laundry untuk mencuci dan menyetrika baju mereka.

Langkah Awal Usaha Laundry

Untuk membuka sebuah usaha laundry, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan yaitu:

  1. Siapkan peralatan yang sesuai

Peralatan seperti mesin cuci, detergen, pewangi, setrika dan peralatan lainnya harus Anda persiapkan. Pastikan peralatan yang Anda gunakan adalah peralatan yang terbaik.

  1. Mengetahui cara mencuci yang baik

Ini adalah hal yang paling penting jika Anda membuka usaha laundry. Walaupun menggunakan mesin cuci, Anda harus mengetahui bagaimana cara mencuci dan mengeringkan pakaian dengan baik. Tujuan dari hal ini adalah agar tidak terdapat kesalahan dalam mencuci baju sesuai dengan bahannya.

  1. Kenali jenis noda dan pembersihnya

Noda memiliki jenis yang berbeda-beda. Untuk membersihkan noda tersebut juga tidak boleh sembarangan. Pastikan pembersih yang Anda gunakan tidak merusak warna maupun bahan pakaian.

  1. Siapkan biaya operasional

Pada tiga bulan awal. Anda mungkin belum memperoleh banyak keuntungan. Sehingga biaya listrik, sewa tempat dan biaya lain seperti pembelian detergen harus Anda tanggung terlebih dahulu.

  1. Siapkan sumber daya manusia yang dibutuhkan

Sesuaikan jumlah sumber daya manusia dengan kapasitas usaha laundry Anda.

Related posts: